Pembelahan Sel dan Pewarisan Sifat ( Hereditas )

Salah satu ciri hidup yang ditunjukkan oleh sebuah sel mahkluk hidup adalah kemampuannya untuk melakukan reproduksi melalui pembelahan diri / pembelahan sel.
Apa tujuan sel melakukan pembelahan ?
Suatu sel melakukan pembelahan memiliki tujuan untuk mewariskan  sifat-sifat genetic kepada generasi selanjutnya. Selain itu pembelahan sel  bertujuan untuk menjaga kelangsungan suatu species mahkluk hidup di muka bumi.
Sebelum sel membelah, maka DNA akan melakukan replikasi / duplikasi sehingga sel sel-sel hasil pembelahan akan memiliki susunan DNA yang sama dengan DNA sel induknya.
Bagaimana sel membelah ?

Sel-sel prokariotik membelah diri melalui proses pembelahan biner ( amitosis ) atau disebut juga pembelahan secara langsung. Pada pembelahan ini, DNA bereplikasi dan sitoplasma sel induk membagi diri menjadi dua sel anakan prokariotik.
Pembelahan seperti ini dapat kita temukan pada organisme-organisme prokariotik, seperti bacteria, archaebacteria.
Sementara itu, sel-sel eukariotik melakukan pembelahan sel lebih kompleks daripada sel prokariotik. Hal ini disebabkan karena sel eukariotik strukturnya lebih kompleks. Kekomplekskan itu antara lain : jumlah DNA lebih banyak ( misalnya jumlah DNA sel manusia 700 kali lebih banyak ), setiap sel memiliki dua hingga 1.000 kromosom bahkan lebih, kromosom tersimpan di dalam nukleus yang dilindungi oleh membran nukleus/membran inti , dan organel-organel sel mengalami duplikasi dan pemisahan antara sel-sel anak.
Atas dasar itulah, para ilmuwan sepakat memisahkan pembelahan sel eukariotik menjadi dua tahapan, yaitu kariokinesis dan sitokinensis. 
Pada tahap kariokinesis, nukleus dan bahan-bahan yang terdapat didalamnya termasuk DNA melakukan duplikasi untuk membentuk nukleus baru. Kariokinesis dibagi menjadi dua macam, yaitu : mitosis dan meiosis. Mitosis dilakukan oleh sel-sel autosomal / sel-sel tubuh, sedangkan meiosis dilakukan oleh sel-sel gonosomal/ sel kelamin. Setelah kariokinesis selesai, akan dilanjutkan tahap kedua, yaitu sitokinesis atau pembelahan cairan sel dan organel-organel yang ada di dalamnya.
dari pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa, 
a. Pembelahan sel bertujuan untuk mewariskan sifat-sifat genetik dari generasi ke generasi suatu species dan menjaga kelangsungan hidup suatu species dimuka bumi.
b. pembelahan sel dibedkan menjadi 2, yaitu :
1. pembelahan sel secara langsung ( Amitosis )
2. pembelahan sel secara tidak langsung ( Mitosis, Meiosis )

Apa perbedaan antara kedua macam pembelahan sel tersebut ?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LKS : Tahapan Fotosintesis dan Arti Penting fotosintesis

SOAL dan PEMBAHASAN SOAL UN BIOLOGI SMA TAHUN 2017

Keterkaitan antara Metabolisme Karbohidrat, Lemak dan Protein